Jun 25, 2013

Hindari Penyakit Tidak Menular. Ini Resep Menkes!

Jalan Cepat Dapat Hindari Penyakit Tidak Menular

Hanya sekitar 50 persen penduduk Indonesia yang melakukan aktivitas fisik. Padahal aktivitas fisik seperti olahraga memegang peranan penting untuk pencegahan penyakit tidak menular (PTM). Menkes dr Nafsiah Mboi, SPA,M.P.H memilih melakukan jalan cepat sebagai aktivitas fisik di tengah kesibukannya.

"Seperti saya, di tengah kegiatan seperti ini satu-satunya cara saya untuk bisa melakukan aktivitas fisik yaitu dengan jalan cepat. Itu bukan untuk merepotkan orang yang jalan di belakang saya, tapi supaya saya sehat," ujar Menkes sambil tertawa.
Jalan Cepat Dapat Menghindari Penyakit Tidak Menular
Hal itu disampaikan Menkes di Seminar Nasional Pangan dan Gizi (Semnas Pagi) 'Inovasi Pangan dan Gizi Mewujudkan Generasi Sehat, Cerdas, dan Kuat untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa' 2013 yang dihelat pada Selasa (25/6/2013) di Balai Kartini, Jalan Jendral Sudirman, Jakarta.

PTM seperti stroke, jantung, kanker, dan diabetes militus bisa dialami seseorang jika sejak kecil dibiasakan makan makanan tidak seimbang dan aktivitas rendah. Bahkan anak yang dilahirkan normal bisa berisiko terhadap PTM jika menerapkan gaya hidup tidak sehat.

Menkes menuturkan ada dua penyebab PTM yaitu faktor risiko yang tidak bisa dikendalikan, faktor usia, dan keturunan. Selain itu penyakit metabolik juga menjadi penyebab PTM.

Data di Indonesia menunjukkan bahwa prevalensi hipertensi umur 18-24 sebanyak 12 persen. Sedangkan prevalensi gizi lebih bagi anak-anak sebesar 14 persen, dan dewasa sebesar 22 persen.

"Dulu, setidaknya tiap pagi ada senam di sekolah-sekolah. Atau satu dua kali seminggu ada pertandingan olahraga. Sekarang, seperti saya lihat cucu saya, main saja di depan komputer," keluh Menkes.

"Saya mengimbau agar kita memasuki bulan suci Ramadan, mari kita buat gerakan berhenti merokok untuk semua. Bulan Ramadan ini momentum yang baik, kita bisa mengatur makanan dengan baik dan perilaku hidup yang baik seperti berhenti merokok," imbau Menkes.


Sumber :
http://health.detik.com/read/2013/06/25/120032/2283401/763/resep-menkes-hindari-penyakit-tidak-menular-jalan-cepat?l992205755

0 Komentar:

Post a Comment

Sekolah Internet Indonesia
 

Site Info

Blog ini berisi tentang motivasi, pengembangan diri, pernikahan, sosok inspirasi, ekonomi, tips, kesehatan, dan pariwisata. Terinspirasi dari tokoh-tokoh yang memiliki tinta emas dalam perjuangannya mengarungi hidup. Semoga ALLAH SWT memberikan kita petunjuk menjadi yang lebih baik, bermanfaat dan berguna bagi masyarakat sehingga hidup kita menjadi berkah.

Iklan

MOTIVASI HIDUP BERKAH Copyright © 2009-2013. Free Template by MasnaTheme.Com.
Designed by Bie Blogger Template