May 13, 2013

GDF-11, Hormon Penyembuh Penyakit Jantung Kah?

Bisakah penyakit jantung disembuhkan? Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang telah menyebabkan banyak kematian. Di Amerika, penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu yang telah menghilangkan nyawa 600.000 orang. Namun tidak hanya di Amerika saja, melainkan seluruh negara di dunia.

GDF-11, Hormon Penyembuh Penyakit Jantung Kah?

Fungsi jantung terus berkurang bersamaan dengan bertambahnya usia seseorang. Ini merupakan hal yang wajar terjadi dan menyebabkan seseorang rentan terkena penyakit jantung ketika mereka menua. Jantung yang mengalami penyakit karena faktor usia biasanya membesar karena ototnya menjadi semakin tebal dan kaku. Ini bisa menyebabkan cairan kembali ke paru-paru dan membuat orang susah bernapas.

Meski begitu Doktor Rich Lee dan Amy Wagers, ilmuwan, tampaknya telah menemukan cara untuk membuat jantung awet muda. Mereka bahkan bisa membuat jantung yang sudah tua dan sakit-sakitan menjadi muda kembali.

"Ada kecurigaan dari peneliti mengenai adanya hormon sirkulasi atau material lain yang bisa membalikkan proses penuaan pada jantung," ungkap Lee, seperti dilansir oleh CBS News (09/05).

Kelompok peneliti dari harvard kemudian menemukan hormon yang dinamakan GDF-11. Hormon ini diketahui bisa membalikkan proses penuaan pada tikus. Peneliti mengambil hormon GDF-11 dari tikus muda dan sehat kemudian memberikannya pada tikus tua yang mengalami gagal jantung.

"Jantung selama ini tidak dikenal sebagai organ yang bisa beregenerasi. Jadi awalnya kami tak memperkirakan adanya efek dari eksperimen ini," ungkap Wagers.

Hasilnya tentu mengejutkan bagi Wagers dan Lee. Ketika jantung tikus tua yang telah membengkak diberikan hormon tersebut, jantung mereka berubah, mengecil dan terlihat seperti jantung tikus muda hanya dalam beberapa minggu. Berikut adalah gambar dari jantung tikus tua dan muda selama penelitian.

Jantung Tikus Tua dan Muda Sebelum Pemberian Hormon GDF-11
Gambar 1. Jantung tikus tua dan muda sebelum eksperimen.
Pada Gambar 1 menunjukkan jantung tikus tua dan muda sebelum eksperimen. Jantung sebelah kiri adalah milik tikus muda, dibandingkan dengan jantung sebelah kanan milik tikus tua yang sudah membengkak.

Jantung Tikus Tua dan Muda Setelah Pemberian Hormon GDF-11
Gambar 2. Jantung tikus tua dan muda setelah eksperimen.
Sementara pada Gambar 2 merupakan jantung tikus tua dan muda setelah eksperimen. Terlihat bahwa jantung tikus tua dan muda kini sudah tak begitu berbeda.

Selanjutnya peneliti memerlukan penelitian lagi untuk melihat apakah hormon GDF-11 memiliki efek yang sama pada manusia. Jika benar, maka kemungkinan hormon ini bisa menjadi penyembuh bagi semua penyakit jantung, bahkan yang sudah kronis sekalipun. Mari kita tunggu kelanjutannya......


Sumber :
http://www.merdeka.com/sehat/hormon-ini-sembuhkan-gagal-jantung-dengan-cara-ajaib.html

0 Komentar:

Post a Comment

Sekolah Internet Indonesia
 

Site Info

Blog ini berisi tentang motivasi, pengembangan diri, pernikahan, sosok inspirasi, ekonomi, tips, kesehatan, dan pariwisata. Terinspirasi dari tokoh-tokoh yang memiliki tinta emas dalam perjuangannya mengarungi hidup. Semoga ALLAH SWT memberikan kita petunjuk menjadi yang lebih baik, bermanfaat dan berguna bagi masyarakat sehingga hidup kita menjadi berkah.

Iklan

MOTIVASI HIDUP BERKAH Copyright © 2009-2013. Free Template by MasnaTheme.Com.
Designed by Bie Blogger Template